RENCANA PEMASARAAN

Wirausaha pasti akan menyusun Rencana Pemasaraan (Marketing Plan), maka untuk menjadi wirausaha itu harus mengetahui konsep-konsep tentang pemasaraan yang baik, dan segala informasi dikumpulkan, maka seorang wirausaha baru bisa menyusun Rencana pemasaraan.

Rencana pemasaran merupakan bagian dari rencana bisnis untuk memulai wirausaha, pemasaraan merupakan kegiatan yang amat penting dalam operasional suatu bisnis, tidak peduli apakah bisnis kita bergerak dalam sektor industri kecil , tingkat menengah, apalagi industry besar. Ataupun kita bergerak dalam bidang perdagangan besar, dalam bidang penjualan jasa, pertokoan atau mungkin  perdagangan eceran, transportasi, penginapan, biro perjalanan, kegiatan rekreasi dan sebagainya, yang paling penting pemasaraan menempati posisi utama.

Selain kita harus mempunyai rencana pemasaraan kita juga harus mempunyai strategi pemasaraan , dunia pemasaraan diibaratkan sebagai suatu medan tempur bagi para produsen dan para pedagang yang bergerak dalam komoditi yang sama maka perlu sekali di ciptakan suatu strategi pemasaraan, agar dapat memenangkan peperangan tersebut. Pemasaraan produk bisa berbagai cara misalnya melalui iklan, brosur, promosi, melalui teknologi, sosial media dan lain-lain. Bagian pemasaraan itu sangatlah penting bagi perusahaan kecil, menengah maupun besar, karena pemasaraan menawarkan produk dari perusahaan tersebut.

Pada tahap perusahaan baru di dirikan posisi bagian produksi, keuangan, personalia, dan Pemasaraan kira-kira sama pentingnya.akan tetapi, begitu perusahaan mengalami kemajuan maka porsi perhatian lebih besar diberikan ke bagian Pemasaraan, dan lebih khusus lagi fokusnya ialah “langganan”. Ini bukan berarti bagian-bagian lain didalam perusahaan tidak penting, semua bagian adalah penting, tetapi perhatian utamanya ialah bagian Pemasaraan, yang akan berhadapkan langsung dengan publik, yang sangat menentukan keberhasilan /kegagalan suatu usaha.

Rencana pemasaraan harus memusatkan kegiatannya pada bagaimana menciptakan, dan menawarkan barang untuk pebaikan mutu kehidupan, bukan hanya sekedar menawarkan barang yang memenuhi selera konsumen. Pemasaraan terpadu ini dapat dilihat pada pemasaraan jasa, pemasaraan jasa tidak hanya membutuhkan pemasaran eksternal, tetapi juga pemasaraan internal dan interaktif.

Rencana Pemasaraan eksternal berarti kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menyimpankan, memberi harga, menidustrikan dan mempromosikan produknya atau jasanya ke konsumen. Rencana pemasaraan internal berarti perkerjaan dilakukan oleh perusahaan untuk melatih dan mendorong karyawannya agar dapat melayani konsumen sebaik-baiknya. Rencana Pemasaraan Interaktif berarti keterampilan karyawan untuk melayani langganan. Jadi Rencana Pemasaraan harus di lakukan jika perusahaan akan berkembang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s