BANJIR/DIAS TRIANIDA/42212059/1DA02/IAD

Setelah musim kemarau berlalu kini musim hujan datang, jika air hujan sudah tidak tampung lagi maka terjadilah banjir. Banjir merupakan peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan banjir juga dapat  terjadi di sungai, ketika alirannya melebihi kapasitas saluran air, terutama di  sungai. Banjir sering mengakibatkan kerusakan rumah dan pertokoan yang di bangun di daratan banjir sungai alami, meski kerusakan akibat banjir dapat di hindari dengan pindah menjauh dari sungai atau mempertinggi daratan. Banjir juga dapat mengakibatkan dampak-dampak terhadap manusia atau pun alam sekitarnya,contohnya kerusakan pada jembatan, mobil , jalan raya, adanya penyakit yang disebabkan oleh air yang tidak bersih, kerusakan pada pohon yang tidak sanggup karena tidak bisa bernafas, terjadinya tanah longsor, persediaan makanan yang langka disebabkan oleh kegagalan panen.

 Banjir juga dapat disebabkan oleh manusia itu sendiri yang suka membuang sampah sembarangan, sawah-sawah di jadikan rumah penduduk, ataupun di jadikan tempat usaha, karena di jadikan tempat usaha maupun rumah penduduk, air tidak bisa tertampung aliran air disungai, tingginya jumlah curah air hujan, berkurangnya kapasitas tampung sungai, kurangnya daerah resapan air hujan, lokasinya yang lebih rendah dari permukaan sekitar oleh pasang naik air surut.

 Daerah yang sering terkena banjir di jakarta, karena jakarta tidak ada tempat untuk menampung air yang begitu besar dan banyak. Banjir  cenderung terjadi di daratan rendah, muara dan berdekatan dengan laut, di wilayah yang terlalu banyak bangunan sehingga kurang daerah resapan, diwilayah yang curah hujannya banyak dan tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s